Awas, Zombie Internet Memburu Anda!!

Zombie alias hantu mayat hidup yang konon melegenda itu, kini gentayangan pula di dunia internet, ghost cyber? Ya, ia memburu siapapun pengguna dan pengakses dunia maya demi kepentingan pemiliknya. Robot zombie, mungkin anda tidak sadar selama ini, hingga kini makin lihai dan makin ganas. Ia bersembunyi di balik gerbang-gerbang search engine, menunggu para penjelajah rimba maya lengah. Awas, waspadalah.. waspadalah..!!

Jangan panik, jangan kaget. Saya sering menemuinya. Anda? Saya yakin anda juga pernah pula dikerjainnya.

Pernahkah anda merasa kesal, sebal dan jengkel dipermainkan oleh sebuah website? Ketika anda mencari sebuah software, driver, games, dokumen atau apa saja, tentu anda akan  mengetikan keywordnya di google, lalu google akan memberikan hasil pencarian yang dimaksud.

Setelah anda klik link tersebut, anda tidak langsung mendapatkan software atau apa yang sedang anda cari, anda malah di bawa bolak-balik kesana kemari, atau bahkan anda diarahkan situs-situs lain yang tentnu saja saja penuh banner iklan sekujur halamannya.

Dan begitulah seterusnya hingga anda mendapatkan jari anda kelelahan dan belakangan menyadari jika anda sedang dikerjain.

Ini semua adalah ulah mereka para webmaster yang membangun situs dengan dikendalikan oleh sebuah script bot. Bot adalah kependekan dari robot, semacam kode yg ditanamkan di web-web untuk otomasi kepentingan tertentu.

Penggunaan script bot paling banyak adalah untuk mendatangkan hits atau klik dari pengunjung sehingga peluang banner iklan diklik semakin besar. Tentu hal ini adalah dampak dari maraknya penawaran adsense dari semacam google sehingga website benar-benar dibuat hanya sebagai mesin pengeruk dolar dari dunia internet semata-mata.

Tidak salah sebenarnya dengan membangun website untuk semata-mata memburu dollar, tetapi  ketika ‘mendatangkan’ pengunjung dengan cara menjebak mereka, menipu keyword, mengarahkan link tanpa kode etika, maka ini masalah dan ketidak-nyamanan bagi para pengguna rimba maya.

Pernah punya pengalaman yg sama? Atau anda pendukung situs-situs tersebut? Ceritakan di sini.. ) D

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s