10 Pelajaran Akhlaq Sopan Santun bagi Anak-anak

Anak adalah anugerah dan amanah dari Yang Maha Kuasa, karenanya memberinya pendidikan yang adalah hal yang mutlak. Pendidikan anak adalah tanggung jawab orang tua, terutama sekali ketika masa mereka belia.

Saat ini kerap kita jumpai perilaku anak-anak yang cenderung berani dan jauh dari adab kesopan-santunan. Songong, istilah kita, bahkan di areal TPA, masjid, sekolah, entah lagi di jalanan. Berikut adalah 10 Point utama pendidikan akhlak dan sopan santun bagi buah hati anda.

  1. Biasakanlah anak untuk menggunakan tangan kanan dalam mengambil, memberi, makan, minum, menulis dan menerima tamu. Mengajarkannya untuk selalu memulai setiap pekerjaan dengan basmalah terutama untuk makan dan minum. Dan itu harus dilakukan dengan duduk serta diakhiri dengan membaca hamdalah.
  2. Biasakan untuk selalu menjaga kebersihan, memotong kukunya, mencuci kedua tangannya sebelum dan sesudah makan, dan mengajarinya untuk bersuci ketika buang air kecil maupun air besar, sehingga tidak membuat najis pakaiannya dan shalatnya menjadi sah.
  3. Berlemah lembut dalam memberi nasihat kepada mereka dengan secara diam-diam. Tidak membuka kesalahan mereka di depan umum. Jika mereka tetap membandel maka kita diamkan selama tiga hari dan tidak lebih dari itu.
  4. Menyuruh anak-anak untuk diam ketika adzan berkumandang dan menjawab bacaan-bacaan muadzin kemudian bersalawat atas Nabi dan berdo’a: (( اَللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلاَةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُوْدًا الَّذِيْ وَعَدْتَهُ ))
  5. Sediakan tempat tidur pada setiap anak jika memungkinkan, jika tidak maka setiap anak diberikan selimut sendiri-sendiri. Akan lebih utama jika anak perempuan mempunyai kamar sendiri dan anak laki-laki mempunyai kamar sendiri, guna menjaga akhlak dan kesehatan mereka.
  6. Membiasakan mereka untuk tidak membuang sampah dan kotoran di tengah jalan dan menghilangkan hal yang menyebabkan mereka sakit.
  7. Mewaspadai persahabatan mereka dengan kawan-kawan yang nakal, mengawasi mereka, dan melarang mereka duduk-duduk di pinggir jalan.
  8. Memberi salam kepada anak-anak di rumah, di jalan dan di kelas dengan lafazh:السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
  9. Berpesan kepada anak untuk berbuat baik kepada tetangga dan tidak menyakiti mereka.
  10. Membiasakan anak bersikap hormat dan memuliakan tamu serta menghidangkan suguhan baginya.

kunjungi juga artikel menarik lain di:

http://marketingbuku2alitishom.wordpress.com/

https://belajarcepatbacaalquranalbayan.wordpress.com

 

referensi: syaikh jamil zainu

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s