Category Archives: Artikel-artikel Islami

8 Manfaat Membaca

8 Manfaat Membaca

 
E-mail Cetak PDF

Sungguh mengherankan mendengarkan kaum muslimin mengatakan bahwa mereka bosan membaca! Padahal membaca adalah salah satu hobi terbaik yang dimiliki oleh seseorang. Namun sungguh menyedihkan ketika mengetahui bahwa kebanyakan dari kita tidaklah diperkenalkan dengan buku-buku yang menakjubkan dunia. Ini adalah beberapa alasan bagi kita untuk memulai kebiasaan ini… sebelum Anda tertinggal di belakang dalam segala hal.

1. Membaca merupakan proses mental secara aktif. Tidak seperti duduk di depan sebuah kotak idiot (TV, Plasystation, dll), membaca membuat Anda menggunakan otak Anda. Ketika membaca, Anda akan dipaksa untuk memikirkan banyak hal yang Anda belum mengetahuinya. Dalam proses ini, Anda akan menggunakan sel abu-abu otak Anda untuk berfikir dan menjadi semakin pintar.

2. Membaca akan meningkatkan kosakata Anda. Anda dapat belajar bagaimana mengira suatu makna dari suatu kata (yang belum Anda ketahui) dengan membaca konteks dari kata-kata lainnya di sebuah kalimat. Buku, terutama yang menantang, akan menampakkan kepada Anda begitu banyak kata yang mungkin sebaliknya belum Anda ketahui.

3. Membaca akan meningkatkan konsentrasi dan fokus. Anda perlu untuk bisa fokus terhadap buku yang sedang Anda baca untuk waktu yang cukup lama. Tidak seperti majalah, internet atau email yang hanya berisi potongan kecil informasi, buku akan menceritakan keseluruhan cerita. Oleh sebab Anda perlu berkonsentrasi untuk membaca. Seperti otot, Anda akan menjadi lebih baik di dalam berkonsentrasi.

4. Membangun kepercayaan diri. Semakin banyak yang Anda baca, semakin banyak pengetahuan yang Anda dapatkan. Dengan bertambahnya pengetahuan, akan semakin membangun kepercayaan diri. Jadi hal ini merupakan reaksi berantai. Karena Anda adalah seorang pembaca yang baik, orang-orang akan mencari Anda untuk mencari suatu jawaban. Perasaan Anda terhadap diri Anda sendiri akan semakin baik. [Namun ingat, ikhlas tetap merupakan jalan untuk mencapai kesuksesan, dan berhati-hatilah dari sikap merasa bangga diri. Bersyukurlah selalu kepada Allah atas secuil pengetahuan yang Anda miliki].

5. Meningkatkan memori. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa jika Anda tidak menggunakan memori anda, Anda bisa kehilangannya. Teka-teki silang adalah salah satu contoh permainan kata yang dapat mencegah penyakit Alzheimer. Membaca, walaupun bukan sebuah permainan, akan membantu Anda meregangkan “otot” memori Anda dengan cara yang sama. Membaca itu memerlukan ingatan terhadap detail, fakta dan gambar pada suatu literatur, alur, tema atau karakter cerita.

6. Meningkatkan kedisplinan. Mencari waktu untuk membaca adalah sesuatu yang kita sudah mengetahuinya untuk dilakukan. Namun, siapa yang membuat jadwal untuk membaca buku setiap harinya? Hanya sedikit sekali. Karena itulah, menambahkan aktivitas membaca buku ke dalam jadwal harian Anda dan berpegang dengan jadwal tersebut akan meningkatkan kedisiplinan.

7. Meningkatkan kretivitas. Membaca tentang keanekaragaman kehidupan dan membuka diri Anda terhadap ide dan informasi baru akan membantu perkembangan sisi kreatif otak Anda, karena otak Anda akan menyerap inovasi tersebut ke dalam proses berfikir Anda.

8. Mengurangi kebosanan. Salah satu kebiasaan yang saya miliki adalah, apabila saya merasa bosan, maka saya akan mengambil buku dan mulai membacanya. Apa yang saya temukan dengan berpegang kepada kebiasaan ini adalah, saya menjadi semakin tertarik dengan suatu bahasan buku dan saya sudah tidak bosan lagi. Maksud saya, jika Anda merasa bosan, Anda akan merasa lebih baik dengan membaca buku yang bagus, bukan? Jika Anda ingin memecahkan rasa malas yang monoton, dan kehidupan yang tidak kreatif dan membosankan, maka pergi dan ambillah satu buku yang menarik. Bukalah halaman-halamannya dan jelajahi dunia baru yang penuh dengan informasi dan kecerdasan.

Terima kasih telah membaca.

www.marketingalitishom.com

Manfaat membaca al-qur’an :)

Manfaat membaca al-qur’an :)

Emang ada manfaatnya baca Al-qur’an?
Banyaaaakkkk buangett manfaatnya! yang jelas sih pengetahuan kita tentang agama juga bertambah. Begitu juga pengetahuan kamu tentang kehidupan bermasyarakat. Kamu bakalan lebih bijak deh,nggak usah pake nunggu rambut putih dulu. Simak yuk, manfaat baca al-qur’an.
1. Bikin masalah jadi lebih ringan.
     Setiap hari kamu pasti dipenuhi dengan kesibukan,aktivitas, juga masalah. kayaknya enggak percaya deh kalau ada manusia yang hidup tanpa masalah,perbedaannya ada pada gimana manusia itu menanggapinya. Ada yang jatuh ketimpa tangga ketabrak kucing tetangga, ehhh.. dia masih bisa tersenyum. ada juga yang cuma gara-gara mimpi buruk, nangisnya sampe berhari-hari, kamu termasuk yang mana?
     Banyak orang sering merasa tidak tenang ketika menghadapi banyak masalah dan kesibukan. padahal nggak tenang kayak gitu, keadaannya bisa semakin kacau balau. Ada banyak orang mencari ketenangan, nggak sedikit teman kita yang mengatasi kegalauan dengan pergi ke suatu tempat hiburan, ketemu teman, atau jalan-jalan ke mall. Sekali-sekali coba deh kamu mengatasinya dengan baca al-qur’an.
     Hah?! mana bisa? coba aja dulu…. :)
2. Dikaruniai rahmat
     Membaca al-qur’an merupakan salah satu kunci ibadah untuk membuka rahmat dan karunia. jadi,kalau kamu lagi suntuk,banyak masalah,ditinggalin pacar,ujian gak lulus (naudzubillahimindzalik) padahal udah belajar mati-matian,orang tua banyak nuntut, atau sobat yang ngeselin nggak panik. nggak usah lari ke hal-hal negatif seperti drugs,free sex,dugem berlebihan,apalagi ke dukun! untuk membereskan masalahmu! itu semua biasanya bukan cari penyelesaian, tapi malah nambah masalah.
3. Dikerumuni Malaikat
     pernah nggak kamu membayangkan diri kamu dikerumuni malaikat? saat kamu mendapat giliran tadarus,kamu akan dikerumuni malaikat dari bumi sampai ke arsy-Nya (‘kursi’ Allah SWT). sama halnya ketika kamu berbuat baik kepada orang lain. Apa nggak hebat tuh?
4. Disebut-sebut Allah SWT
      Gimana rasanya disebut-sebut sama orang yang kamu suka? melayang-layang dong pastinya.. bisa sampai negeri antah-berantah tuh melayangnya.. disebut-sebut orang aja udah kayak gitu, gimana disebut-sebut Allah SWT, didepan majelis para malaikat-Nya sebagai orang yangvdekt disisi-Nya. Wah.. sampai merinding saking nggak bisa ngebayangin gimana jadinya. :)
Semoga bermanfaat!!! :)

Masyarakat Solo Gugat Jokowi Rp 343 Miliar Karena Tidak Tepati Janji

Masyarakat Solo Gugat Jokowi Rp 343 Miliar

SURAKARTA (salam-online.com): Tim Pembela Masyarakat Surakarta (TPMS) menggugat Walikota Solo Joko Widodo atau Jokowi Rp 343,9 miliar karena mengingkari sumpah jabatan dan amanah yang telah diberikan warga kepadanya.

“Ketika terpilih sebagai walikota periode 2010 – 2015, Jokowi berjanji akan melaksanakan dan menyelesaikan tugas hingga berakhirnya masa jabatan nanti,” kata kuasa hukum TPMS, Srihadi Fahrudin dan Sri Widodo kepada wartawan, Selasa (4/9/2012).

Srihadi Fahrudin mengatakan, dalam peraturan itu menunjukkan Jokowi tidak amanah menjabat walikota Solo karena sebelum masa berakhir jabatannya maju sebagai calon gubernur DKI.

“Kerugian immaterial kami ajukan untuk menebus rasa kecewa dan pengingkaran kepercayaan masyarakat,” kata Sri Fahrudin.

Wakil Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo merasa heran dengan adanya gugatan dari TPMS. “Kalau ada yang menuntut itu dasar hukumnya apa? Pak Jokowi kan hanya melaksanakan Undang-Undang,” kata Rudy.

Jokowi sendiri merasa tidak menyalahi undang-undang saat dirinya maju sebagai calon gubernur DKI. “Menggugat itu kalau saya menyalahi Undang – undang. Tapi kan undang-undang tidak melarang saya maju ke pemilihan Gubernur DKI Jakarta,” katanya.

Ya, dalam gugatan itu, memang tak disebut Jokowi  menyalahi undang-undang, melainkan tidak amanah dan ingkar janji. Janjinya kan  melaksanakan dan menyelesaikan tugas hingga berakhirnya masa jabatan. (itoday/salam-online)

Kumpulan Kata-kata mutiara islam

 widget kata mutiara islam harian, :)

Kata-kata mutiara islam

  • Ada dua perkara yang jika Anda Amalkan, Anda akan mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat: Menerima sesuatu yang tidak Anda sukai, jika sesuatu itu disukai Allah. Dan membenci sesuatu yang Anda sukai, jika sesuatu itu dibenci oleh Allah.”
    (Abu Hazim)
  • Ada enam perkara, apabila dimiliki oleh seseorang maka telah sempurnalah keimanannya : (1) memerangi musuh Allah dengan pedang, (2) tetap menyempurnakan puasa walaupun di musim panas, (3) tetap menyempurnakan wudhu walaupun di musim dingin, (4) tetap bergegas menuju mesjid (untuk melaksanakan shalat berjama’ah) walaupun di saat mendung, (5) meninggalkan perdebatan dan berbantah-bantahan walaupun ia tahu bahwa ia berada di pihak yang benar dan (6) bersabar saat ditimpa musibah.”
    (Yahya bin Muadz)
  • Ada tiga golongan orang yang paling menyesal pada hari kiamat : (1) orang yang memiliki budak ketika di dunia, ternyata pada hari kiamat budak tersebut memiliki prestasi amal yang lebih baik darinya, (2) orang yang mempunyai harta tetapi tidak mau bersedekah dengannya sampai ia meninggal dunia, kemudian harta tersebut diwarisi oleh orang yang memanfaatkan harta tersebut untuk bersedekah di jalan Allah, dan (3) orang yang mempunyai ilmu tetapi ia tidak mau mengambil manfaat dari ilmunya, lalu ilmu tersebut diketahui oleh orang lain yang mampu mengambil manfaat darinya.”
    (Sufyan bin ‘Uyainah)
  • Akhlak yang paling mulia adalah menyapa mereka yang memutus silaturahim, memberi kepada yang kikir terhadapmu, dan memaafkan mereka yang menyalahimu.”
    (HR Ibnu Majah)
  • Aku belum pernah melihat orang yang paling lama bersedih daripada al-Hasan. Ia berkata, kita tertawa, sementara bisa jadi Allah yang telah melihat amal-amal yang telah kita perbuat berfirman, ‘Aku tidak mau menerima amal-amal kalian sedikitpun.’”
    (Yunus bin ‘Ubaid)
  • Aku jamin rumah di dasar surga bagi yang menghindari berdebat sekalipun ia benar, dan aku jamin rumah di tengah surga bagi yang menghindari dusta walaupun dalam bercanda, dan aku jamin rumah di puncak surga bagi yang baik akhlaqnya.”
    (HR Abu Daud)
  • Aku menangis bukan karena takut mati atau karena kecintaanku kepada dunia. Akan tetapi, yang membuatku menangis adalah kesedihanku karena aku tidak bisa lagi berpuasa dan shalat malam.”
    (‘Amir bin ‘Abdi Qais)
  • Aku tidak suka menjadi seorang pedagang budak. Akan tetapi, menjadi pedagang budak lebih aku sukai daripada aku menimbun bahan makanan sambil menunggu naiknya harga yang memberatkan sesama muslim.”
    (Yazid bin Maisaroh)
  • Amal yang paling baik adalah yang paling ikhlas dan paling benar. Jika amal itu ikhlas tapi tidak benar, maka tidaklah diterima. Jika amal itu benar tapi tidak ikhlas, juga tidak akan diterima kecuali jika dilakukan secara ikhlas. Ikhlas artinya dilakukan hanya karena Allah. Adapun benar artinya adalah sesuai dengan sunnah (tuntunan dan petunjuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam).”
    (Fudhail bin ‘Iyadh)
  • Apa pendapat Anda bila ada seseorang yang pakaiannya terkena air kencing, lalu ia hendak mensucikannya dengan air kencing pula? Mungkinkah air kencing itu dapat mensucikannya? Tentu saja tidak! Kotoran tidak dapat disucikan kecuali dengan sesuatu yang suci. Begitu pula halnya keburukan yang pernah kita lakukan, tidak akan dapat terhapus kecuali dengan memperbanyak melakukan kebaikan.”
    (Sufyan ats-Tsauri)
  • Apabila akhirat ada dalam hati, maka akan datanglah dunia menemaninya. Tapi apabila dunia ada di hati maka akhirat tidaklah akan menemaninya. Itu karena akhirat mulia dan dermawan, sedangkan dunia adalah hina”
    (Abu Sulaiman Ad Daroni)
  • Apabila Anda berharap agar Allah senantiasa menganugerahkan kepada Anda apa-apa yang Anda cintai dan sukai maka hendaklah Anda senantiasa menjaga dan melaksanakan apa-apa yang dicintai dan disukai oleh Allah.”
    (Salah seorang ahli hikmah)
  • Apabila kalian senang Allah ta’ala dan Rasul-Nya mencintai kalian, maka tunaikanlah amanah kalian, dan benarlah jika berbicara, dan bertetanggalah dengan baik kepada tetangga kalian.”
    (HR Imam Suyuthi)
  • Ayahku pernah mengatakan bahwa apabila ‘Ali bin al-Husain selesai berwudhu dan telah bersiap untuk shalat, tubuhnya akan gemetar dan menggigil. Pernah ada seorang lelaki yang bertanya kepadanya tentang hal itu, maka ‘Ali bin al-Husain menjawab, ‘Celakalah Engkau! Tidakkah kau tahu, kepada siapa aku akan menghadap? Dan kepada siapa aku akan bermunajat?’”
    (al-’Utaibi)

Kumpulan Web Islami

WEBSITE ILMIAH (BAHASA INDONESIA)

WEBSITE ILMIAH (BAHASA ARAB)

WEBSITE ILMIAH (BAHASA INGGRIS)

WEBSITE MUSLIMAH (INDONESIA)

WEBSITE RADIO ONLINE ISLAMI

WEBSITE TOKO BUKU ISLAM ONLINE MURAH

INFORMASI KAJIAN ISLAM

WEBSITE LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

WEBSITE PARA ULAMA

WEBSITE USTADZ (INDONESIA)

BLOG ILMIAH